Tuesday, May 21, 2013

Sering ngawur, Klub ISL dilarang rekrut pemain dari 13 Negara

LENSAINDONESIA.COM: Klub-klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) dilarang dan Divisi Utama Liga Indonesia
dilarang keras merekrut pemain-pemain dari sejumlah 13 negara di kawasan Benua Asia dan Afrika.

Keputusan itu sengaja dibuat oleh PT Liga Indonesia (PT LI) selaku pengelola kompetisi ISL dan Divisi Utama karena setelah mendapatkan informasi dari tim clearing house Keimigrasian. Berdasarkan informasi, sejumlah 13 negara memiliki masalah di dalam negeri seperti konflik, perbedaan ideologi, dan gejolak politik dalam negara.

Baca juga: AFC denda PSSI sebesar US$15 ribu dan Hadiyandra: Seharusnya Kepolisian sudah turun tangan

“PT Liga tidak memberikan rekomendasi kepada klub-klub peserta untuk merekrut pemain dari sejumlah 13 negara di kawasan Benua Asia dan Afrika. Daripada nantinya memberatkan klub, karena masalah administrasi pemain” ujar Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy, Selasa (21/05/13).

“Kebijakan itu sudah diterima oleh klub dan agen pemain. Aturan itu juga sudah mulai berlaku di putaran II hingga kompetisi berakhir,” sambungnya.

Menurutnya, PT LI sering mendapatkan keluhan dari klub-klub yang pemainnya berasal dari 13 negara itu. Para pemain mengalami masalah dokumen imigrasi, sehingga mereka harus mengikuti sidang keimigrasian. Apabila terdapat pelanggaran-pelanggaran berat, maka pemain itu akan dideportasi.

Karena itu, PT LI tidak ingin persiapan klub terganggu dengan proses-proses penyelesaian kelengkapan administrasi para pemain.

"PT LI tidak merekomendasikan merekrut pemain dari 13 negara itu dikarenakan masalah administratif. Mendapatkan Visa dan Kitas (Kartu Izin Tinggal Sementara) para pemain asing harus diperiksa melalui tim Clearing House Keimigrasian. Kalau terdapat masalah akan sangat sulit,” jelasnya.

Tigor menambahkan, bagi pemain yang sudah terlanjur menjalin kerjasama dengan klub-klub peserta kompetisi, Tigor meminta, kepada klub dan pemain untuk menyelesaikan proses administrasi. Apabila melanggar, maka pemain tersebut tidak dapat bermain.

“Pemain harus memperpanjang Visa dan Kitas. Jangan sampai, masalah ini mengganggu tim. Apabila ada masalah, tidak tertutup kemungkinan mereka harus melapor setiap pekan,” imbuhnya.

Berikut daftar nama 13 negara yang dilarang oleh PT LI:

Asia: Afghanistan, Bangladesh, Irak, Israel, Korea Utara, Pakistan, Sri Lanka

Afrika: Guinea, Kamerun, Liberia, Niger, Nigeria, Somalia. @anggi

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 21 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/21/sering-ngawur-klub-isl-dilarang-rekrut-pemain-dari-13-negara.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment