Sunday, May 19, 2013

Atasi geng motor, Kapolres Cirebon Kota perintahkan ‘tembak di tempat’

LENSAINDONESIA.COM: Kapoles Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni, mengintruksikan anggotanya melakukan “tembak di tempat” terhadap geng motor yang dianggap meresahkan masyarakat. Pasalnya, geng-geng motor itu selalu membuat ulah tindak pidana, merampok, menindas kendaraan lain dan sering membuat onar.

Tindakan tegas itu dilakukan apabila melihat adanya indikasi kuat anggota berandalan motor atau geng motor yang berulah di jalan.

Baca juga: Polisi buru 'geng motor' penganiaya wartawan Kompas TV dan Bu Asiah "Janda Tangguh", pemburu rezeki "halal" Rp 35 ribu demi 8 anak

Pernyataan itu disampaikan Kapolres saat menghadiri deklarasi anti geng motor oleh ratusan klub motor bertempat di Kawasan Pelabuhan Cirebon (KP3C). Kepada wartawan, ia mengaku prihatin atas maraknya aksi berandalan motor yang kerap sekali membuat ulah di berbagai kota di Indonesia.

“Keberadaan mereka cukup meresahkan. kami akan lakukan tembak ditempat, sekalipun itu anak oknum polisi,” ujar Kapolres pada wartawan, Minggu (19/05/13).

Apa yang dilakukan geng motor di sejumlah kota, sudah sangat meresahkan masyarakat. Tidak jarang aksi yang dilakukan berandalan motor berujung rusaknya fasilitas umum bahkan hilangnya nyawa warga.

“Dalam sebulan terakhir saja, kami sudah menangani tiga kasus dugaan berandalan motor, terakhir, tiga orang remaja anggota XTC diamankan di Polsek Mundu,” beber Kapolres.

Eksistensi berandalan motor sendiri pernah dibubarkan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) pada tahun 2010 lalu. Saat itu, ratusan anggota berandalan motor mendeklarasikan untuk membubarkan diri.

“Namun, beberapa tahun ini mereka kembali muncul dan mulai berbuat onar,” jelasnya.

Peran orang tua dan sekolah sangat penting membantu tugas aparat keamanan dalam memberantasnya. Disinggung soal
kenapa memilih mengumpulkan klub motor untuk melakukan deklarasi dan tidak melakukan tindakan, Kapolres mengatakan, tumbuhnya geng motor berawal dari klub motor.

“Seperti contoh, XTC sendiri awalnya merupakan klub motor honda Astrea,” beber Dani.@Moch Mansur

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 19 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/19/atasi-geng-motor-kapolres-cirebon-kota-perintahkan-tembak-di-tempat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment