Thursday, April 11, 2013

Berkat lagu, ABG New York ini ‘cas cis cus’ 23 bahasa asing

LENSAINDONESIA.COM: Belajar bahasa asing adalah salah satu pekerjaan yang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Namun hal itu tak berlaku bagi Timothy Doner (17) ABG asal New York, Amerika Serikat. Tak main-main, ia menguasai 23 bahasa asing dunia dengan sangat fasih. Karena itu ia dijuluki sebagai seorang poliglot.

Bahasa-bahasa asing yang dikuasai Doner diantaranya Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, Arab, Cina, Jepang, termasuk latin. Namun, yang mengejutkan, ia juga mampu berbicara bahasa resmi Afrika Selatan seperti Wolof di Gambia, Swahili dan Ojibwe. Bahkan, Doner juga mampu berbicara dengan bahasa Yunani kuno dan Pashto.

Dilansir New York Times, ketertarikan Doner mempelajari bahasa asing berawal dari kekagumannya pada lirik-lirik musik hip hop Israel yang sering didengarnya. Bahasa Ibrani dalam lirik lagu itu membuat Doner tertarik untuk mempelajarinya.

Dan enam bulan berikutnya, Doner akhirnya mampu berbicara dan berinteraksi menggunakan bahasa Ibrani dengan sangat fasih.

Tak puas dengan Bahasa Ibrani, Doner mulai mencari bahasa-bahasa asing lain dan mempelajarinya dari buku dan aplikasi-aplikasi teknologi, hingga akhirnya ia mampu menguasai dan berinteraksi menggunakan 23 bahasa. Tentu saja, kemampuan Doner mempelajari bahasa asing menarik perhatian banyak orang.

“Saya masih ingin belajar bahasa yang lain. Sekarang saya ingin mempelajari Bahasa Indonesia, termasuk juga bahasa Sudan,” ujar Doner.@nyt

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 11 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/11/berkat-lagu-abg-new-york-ini-cas-ciscus-23-bahasa-asing.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment